Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Minggu, 15 Januari 2012

RPP Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah       :   ...........................................
Mata Pelajaran      :  Pendidikan Kewarganegaraan                         
Kelas                     :  V (Lima)
Semester                :   II (Dua)
Alokasi Waktu      :  2 x 35 menit (1 pertemuan).

Standar Kompetensi**                
4. Menghargai keputusan bersama.

Kompetensi Dasar                        
4.1.    mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.

Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Memahami definisi keputusan bersama.
§  Memahami bentuk-bentuk keputusan bersama.
§  Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.

A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelasakan definisi keputusan bersama.
§  Siswa dapat menjelasakan bentuk-bentuk keputusan bersama
§  Siswa dapat menjelasakan prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.
§  Siswa dapat mempraktikkan secara langsung bentuk-bentuk keputusan bersama

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli (caring), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B.  Materi Ajar
§  Pengertian keputusan bersama.
§  Bentuk-bentuk keputusan bersama.
§  Kemauan bermusyawarah untuk mufakat

C.  Model dan Metode Pembelajaran
§  Sample Non Example
§  Diskusi
§  Expository
§  Ceramah

D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan pagi hari sejak bangun pagi sampai siswa berangkat ke sekolah.

§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab secara general tentang keputusan bersama.
F Siswa dan guru mengamati model/gambar yang di tunjukkan oleh guru.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru meminta siswa mendeskripsikan persamaan dan perbedaan antara keputusan bersama, musyawarah dan mufakat.
F Guru membagi siswa ke dalam 6 kelompok @ 6-7 orang.
F Guru menyiapkan materi dan membagikan kepada setiap kelompok.
F Siswa membacakan hasil diskusi masing-masing kelompok. Dan kelompok lain menanggapinya.

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa,
F memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah di lakukan.
F Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang di mengerti oleh siswa.
F Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


E.  Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar kelas V, terbitan Erlangga.)
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar kelas V, terbitan Pusat Perbukuan.)
§  Teman
§  Lingkungan rumah, keluarga, sekolah, dll.

               F.  Penilaian   
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Memahami definisi keputusan bersama.




§  Memahami bentuk-bentuk keputusan bersama.

§  Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.



§ Tugas individu.




§  Tugas individu


§  Tugas individu



§ Penilaian lisan ketika siswa menjelaskan apa yang di ketahuinya.

§ Penilaian tertulis di buku tugas

§ Penilaian lisan

§ Apa yang dimaksud dengan keputusan bersama?



§ Sebutkan tiga bentuk keputusan bersama?

§ Sebutkan tiga prinsip dasar dalam melakukan musyawarah?


&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1






&  Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


Pengetahuan

* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

4
2
1

 Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        Jakarta,  ………….. 201…
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                     Guru Kelas V



.............................                                                   ...........................    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar