Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Jumat, 07 Februari 2014

silabus bahasa indonesia kelas IV Semester genap



SILABUS  PEMBELAJARAN 


Nama Sekolah       : SDN Palsigunung
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      :   IV / 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
5.       Mende-ngarkan
Mendengarkan pengumuman
5.1 Menyam-paikan kembali isi pengumuman yang       dibacakan
Teks pengumuman
·    Menulis-kan pokok-pokok pengumuman
·    Menuliskan isi pengumuman
·    Menyampaikan kembali isi pengumuman
·    Mende-ngarkan pengumuman lain dan menyampaikan nya kembali
·    Siswa mende-ngarkan pengumuman yang diba cakan
·    Siswa mencatat pokok-pokok pengumuman
·    Siswa menuliskan isi pengumuman ke dalam beberapa kalimat
·    Siswa menyampaikan isi pengumu-man dengan intonasi, lafal, dan ekspresi yang tepat
·    Siswa mende-ngarkan pengu-muman dengan   topik berbeda
Teknik tes:
 Lisan
Non tes: 
perbuatan

Bentuk:
Unjuk kerja
Instrumen: 
Lembar penilaian unjuk kerja
·  Tulislah isi pengumuman ke dalam beberapa kalimat!
·  Sampaikanlah isi pengu-muman dengan intonasi, lafal, dan ekspresi yang tepat!
2 x 35 menit
·   Buku Bina  Bahasa Indonesia 4b
·   Radio
·   Surat kabar
·   Majalah
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

5.2 Menirukan pembacaan
      pantun anak dengan la- 
      fal dan intonasi yang
      tepat
Pantun anak
·  Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
·  Menjawab pertanyaan ten   tang isi pantun
·  Siswa mende-ngarkan pembacaan pantun
·  Siswa menirukan pembacaan pantun
·  Siswa menjelaskan isi pantun dengan cara menjawab pertanyaan
Teknis tes: tertulis
Non tes: perbuatan

Bentuk: produk dan penugasan
Instrumen: daftar tugas
·  Jelaskan isi pantun dengan cara menjawab pertanyaan!
2 x 35 menit
·  Buku Bina  Bahasa Indonesia 4b
·  Kumpulan pantun anak
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
6.       Berbicara
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi dengan bertelepon
6.1   Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
Pantun yang dibuat oleh kelompok
·  Membaca pantun secara berbalasan
·   Mencatat kata-kata sukar dalam pantun
·  Mencari arti kata sukar dalam pantun menggunakan  kamus
·  Menjawab pertanyaan tentang isi pantun
·  Siswa membaca pantun berbala-san dengan intonasi dan lafal yang sesuai
·  Siswa mencatat kata-kata sukar di dalam pantun.
·  Siswa mencari makna istilah yang sukar dalam pantun menggunakan kamus
·  Siswa menjawab pertanyaan tentang isi pantun.
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja, produk

Instrumen: lembar kerja, daftar tugas, lembar penilaian unjuk kerja
·  Jawablah pertanyaan tentang isi pantun!
·  Bacalah pantun berbala-san dengan intonasi dan lafal yang sesuai !
2 x 35 menit
·  Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
·  Surat kabar
·  Majalah
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

6.2 Menyam-paikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
Pesan melalui telepon
·  Mencatat pesan penelepon
·  Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon
·  Siswa memperagakan percakapan bertelepon
·  Siswa mencatat pesan penelepon
·  Siswa menyampaikan pesan yang diterima dari penelepon
Teknik non tes:
Perbuatan
Bentuk :
Unjuk kerja

Instrumen:
Kinerja dan lembar penilai
an unjuk kerja
·  Peraga-kanlah percaka-pan berte-lepon!
2 x 35 menit
·      Buku Bina
·      Bahasa Indonesia 4b
·      Telepon
·      Penelepon
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
7.       Membaca
Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
7.1 Menemu-kan kalimat   utama pada tiap paragraf melalui      membaca intensif
Teks bacaan
·  Menjawab pertanyaan
·  Menemukan kalimat utama pada setiap paragraf
·  Meringkas isi bacaan
·  Mengartikan kata-kata sukar  dalam teks
·  Menggunakan kata-kata sukar dalam bacaan
·  Menggunakan kata depan di, ke, dan dari.
·  Siswa membaca teks terdiri bebe-rapa paragraf.
·  Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks
·  Siswa menulis-kan kalimat uta-ma tiap paragraf
·  Siswa meringkas teks dengan kalimat runtut.
·  Siswa mengiden-tifikasi kata-kata sukar
·  Siswa menggu-nakan kata sukar dalam kalimat
·  Siswa menggunakan kata depan di, ke, dan dari   dalam kalimat
Teknik tes:
Tertulis, lisan
Non tes: Perbuatan
Bentuk: jawaban singkat dan
unjuk kerja

Instrumen: Lembar tugas, daftarpertanyaan,dan lembar penilaian unjuk kerja

·  Ringkaslah teks dengan kalimat runtut !
·  Identifikasi-lah kata-kata sukar yang terdapat dalam teks!
2 x 35 menit
·      Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

7.2   Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat
·    Pengumuman lisan dan teks bacaan
·  Menyampaikan isi pengumuman secara lisan
·  Menemukan kalimat utama pada setiap paragraf dalam bacaan
·  Siswa menyam-paikan isi pengumuman secara lisan.
·  Siswa menuliskan kalimat utama pada setiap paragraf  bacaan
Lisan dan tertulis

·  Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf  bacaan !
2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

7.3   Membaca pantun anak  secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Pantun yang dibuat oleh kelompok
·  Membaca pantun secara berbalasan
·   Mencatat kata-kata sukar dalam pantun
·  Mencari arti kata sukar dalam pantun menggunakan  kamus
·  Menjawab pertanyaan tentang isi pantun
·  Siswa membaca pantun berbala-san dengan intonasi dan lafal yang sesuai
·  Siswa mencatat kata-kata sukar di dalam pantun.
·  Siswa mencari makna istilah yang sukar dalam pantun menggunakan kamus
·  Siswa menjawab pertanyaan tentang isi pantun.
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja, produk

Instrumen: lembar kerja, daftar tugas, lembar penilaian unjuk kerja
·  Catatlah kata-kata sukar di dalam pantun !
·  Carilah makna istilah yang sukar dalam pantun menggunakan kamus!
2 x 35 menit
* Buku Bina
   Bahasa
   Indonesia
   4b
* Surat
   kabar
* Majalah
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
8.       Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informa
si secara tertulis dalam bentuk pantun anak
8.1 Menyusun karangan       tentang berbagai topik       sederhana dengan       memperhatikan penggu-      naan ejaan (huruf besar        dan tanda baca)
Karangan anak
·  Menentukan tema karangan.
·  Menyusun kerangka karangan.
·  Mengembang-kan kerangka ka- rangan menjadi karangan yang padu.
·  Siswa menentu-kan tema karangan.
·  Siswa menyusun kerangka karangan.
·  Siswa mengem-bangkan kerang-ka karangan menjadi karangan yang padu.
·  Siswa dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca yang sesuai.
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: produk

Instrumen: Pedoman penilaian produk.
·  Susunlah kerangka karangan dan kemudian  mengem-bangkan kerangka karangan menjadi karangan yang padu!

2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, surat kabar, majalah.
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

8.2 Menulis pengumu-man     dengan bahasa yang baik dan benar serta   memperhatikan penggu-
      naan ejaan
Ejaan dan tanda baca
·  Membaca naskah pengu-muman acak
·  Menyusun naskah pengu-muman acak menjadi peng-umuman padu disertai penggu-naan ejaan dan tanda baca yang sesuai
·  Menulis naskah pengumuman sendiri
·  Siswa mengiden-tifikasi cara menulis pengumuman.
·  Siswa membaca naskah pengumuman yang tersusun acak.
·  Siswa menyusun naskah pengumuman yang tersusun acak menjadi pengumuman yang padu disertai penggunaan ejaan dan tanda baca yang sesuai.
·  Siswa menulis naskah pengumu-man sendiri dengan bahasa yang baik dan memperhatikan penggunaan ejaan yang sesuai.
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: produk

Instrumen: daftar tugas dan lembar penilaian produk.
·  Susunlah naskah pengumuman yang tersusun acak menjadi pengumuman yang padu disertai penggunaan ejaan dan tanda baca yang sesuai !
·  Tulis lah naskah pengumu-man sendiri dengan bahasa yang baik dan memperha-tikan peng-gunaan ejaan yang sesuai !

2 x 35 menit
* Buku Bina 
  Bahasa Indonesia 4b
*Surat kabar
* Majalah
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, keteku-nan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun
Pantun anak
·  Menyusun pantun anak
·  Menyempurna-kan pantun
·  Membuat pantun sendiri tentang ketekunan
·  Siswa menyusun pantun acak menjadi pantun yang padu.
·  Siswa menyem-purnakan pantun.
·  Siswa membuat pantun sendiri dengan tema   ketekunan.
Teknik non tes: perbuatan
Bentuk: produk

Instrumen: lembar penlaian produk
·  Susunlah pantun acak menjadi pantun yang padu!
·  Buatlah pantun sendiri dengan tema   ketekunan
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )


               Mengetahui,                Cimanggis,   Januari 2014
               Kepala Sekolah Palsigunung               Guru Kelas IV A




               Hj. Eutik Suartika, S.Pd               Fenni Maulida
               NIP. 196207271982042013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar