SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN Palsigunung
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
5. Mende-ngarkan
Mendengarkan pengumuman
|
5.1 Menyam-paikan kembali isi pengumuman
yang dibacakan
|
Teks pengumuman
|
· Menulis-kan pokok-pokok
pengumuman
· Menuliskan isi
pengumuman
· Menyampaikan kembali isi
pengumuman
· Mende-ngarkan pengumuman
lain dan menyampaikan nya kembali
|
· Siswa mende-ngarkan
pengumuman yang diba cakan
· Siswa mencatat
pokok-pokok pengumuman
· Siswa menuliskan isi
pengumuman ke dalam beberapa kalimat
· Siswa menyampaikan isi
pengumu-man dengan intonasi, lafal, dan ekspresi yang tepat
· Siswa mende-ngarkan
pengu-muman dengan topik berbeda
|
Teknik tes:
Lisan
Non tes:
perbuatan
|
Bentuk:
Unjuk kerja
Instrumen:
Lembar penilaian unjuk kerja
|
· Tulislah isi pengumuman
ke dalam beberapa kalimat!
· Sampaikanlah isi
pengu-muman dengan intonasi, lafal, dan ekspresi yang tepat!
|
2 x 35 menit
|
· Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
· Radio
· Surat kabar
· Majalah
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
|
5.2 Menirukan pembacaan
pantun anak dengan la-
fal
dan intonasi yang
tepat
|
Pantun anak
|
· Menirukan pembacaan pantun
anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
· Menjawab pertanyaan
ten tang isi pantun
|
· Siswa mende-ngarkan
pembacaan pantun
· Siswa menirukan
pembacaan pantun
· Siswa menjelaskan isi
pantun dengan cara menjawab pertanyaan
|
Teknis tes: tertulis
Non tes: perbuatan
|
Bentuk: produk dan penugasan
Instrumen: daftar tugas
|
· Jelaskan isi pantun
dengan cara menjawab pertanyaan!
|
2 x 35 menit
|
· Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
· Kumpulan pantun anak
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
6. Berbicara
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi
dengan bertelepon
|
6.1 Berbalas
pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Pantun yang dibuat oleh kelompok
|
· Membaca pantun secara
berbalasan
· Mencatat kata-kata sukar dalam pantun
· Mencari arti kata sukar
dalam pantun menggunakan kamus
· Menjawab pertanyaan
tentang isi pantun
|
· Siswa membaca pantun
berbala-san dengan intonasi dan lafal yang sesuai
· Siswa mencatat kata-kata
sukar di dalam pantun.
· Siswa mencari makna
istilah yang sukar dalam pantun menggunakan kamus
· Siswa menjawab
pertanyaan tentang isi pantun.
|
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja, produk
|
Instrumen: lembar kerja, daftar tugas, lembar penilaian unjuk kerja
|
· Jawablah pertanyaan
tentang isi pantun!
· Bacalah pantun
berbala-san dengan intonasi dan lafal yang sesuai !
|
2 x 35 menit
|
· Buku Bina Bahasa
Indonesia 4b
· Surat kabar
· Majalah
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
|
6.2 Menyam-paikan pesan yang diterima melalui telepon
sesuai dengan isi pesan
|
Pesan melalui telepon
|
· Mencatat pesan penelepon
· Menyampaikan pesan yang
diterima melalui telepon
|
· Siswa memperagakan
percakapan bertelepon
· Siswa mencatat pesan
penelepon
· Siswa menyampaikan pesan
yang diterima dari penelepon
|
Teknik non tes:
Perbuatan
Bentuk :
Unjuk kerja
|
Instrumen:
Kinerja dan lembar penilai
an unjuk
kerja
|
· Peraga-kanlah
percaka-pan berte-lepon!
|
2 x 35 menit
|
· Buku Bina
·
Bahasa
Indonesia 4b
·
Telepon
·
Penelepon
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
7.
Membaca
Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
|
7.1 Menemu-kan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
|
Teks bacaan
|
· Menjawab pertanyaan
· Menemukan kalimat utama
pada setiap paragraf
· Meringkas isi bacaan
· Mengartikan kata-kata
sukar dalam teks
· Menggunakan kata-kata
sukar dalam bacaan
· Menggunakan kata depan
di, ke, dan dari.
|
· Siswa membaca teks terdiri
bebe-rapa paragraf.
· Siswa menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan teks
· Siswa menulis-kan
kalimat uta-ma tiap paragraf
· Siswa meringkas teks
dengan kalimat runtut.
· Siswa mengiden-tifikasi
kata-kata sukar
· Siswa menggu-nakan kata
sukar dalam kalimat
· Siswa menggunakan kata
depan di, ke, dan dari dalam kalimat
|
Teknik tes:
Tertulis, lisan
Non tes: Perbuatan
Bentuk: jawaban singkat dan
unjuk kerja
|
Instrumen: Lembar tugas, daftarpertanyaan,dan lembar penilaian unjuk
kerja
|
· Ringkaslah teks dengan
kalimat runtut !
· Identifikasi-lah
kata-kata sukar yang terdapat dalam teks!
|
2 x 35 menit
|
· Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
|
7.2 Membaca
nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
· Pengumuman lisan dan
teks bacaan
|
· Menyampaikan isi
pengumuman secara lisan
· Menemukan kalimat utama
pada setiap paragraf dalam bacaan
|
· Siswa menyam-paikan isi
pengumuman secara lisan.
· Siswa menuliskan kalimat
utama pada setiap paragraf bacaan
|
Lisan dan tertulis
|
|
· Tuliskan kalimat utama
pada setiap paragraf bacaan !
|
2 x 35 menit
|
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
|
7.3 Membaca
pantun anak secara berbalasan dengan
lafal dan intonasi yang tepat
|
Pantun yang dibuat oleh kelompok
|
· Membaca pantun secara
berbalasan
· Mencatat kata-kata sukar dalam pantun
· Mencari arti kata sukar
dalam pantun menggunakan kamus
· Menjawab pertanyaan
tentang isi pantun
|
· Siswa membaca pantun
berbala-san dengan intonasi dan lafal yang sesuai
· Siswa mencatat kata-kata
sukar di dalam pantun.
· Siswa mencari makna
istilah yang sukar dalam pantun menggunakan kamus
· Siswa menjawab
pertanyaan tentang isi pantun.
|
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja, produk
|
Instrumen: lembar kerja, daftar tugas, lembar penilaian unjuk kerja
|
· Catatlah kata-kata sukar
di dalam pantun !
· Carilah makna istilah
yang sukar dalam pantun menggunakan kamus!
|
2 x 35 menit
|
* Buku Bina
Bahasa
Indonesia
4b
* Surat
kabar
* Majalah
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
8. Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informa
si secara tertulis dalam bentuk pantun anak
|
8.1 Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggu- naan ejaan (huruf besar dan tanda baca)
|
Karangan anak
|
· Menentukan tema
karangan.
· Menyusun kerangka
karangan.
· Mengembang-kan kerangka
ka- rangan menjadi karangan yang padu.
|
· Siswa menentu-kan tema
karangan.
· Siswa menyusun kerangka
karangan.
· Siswa mengem-bangkan
kerang-ka karangan menjadi karangan yang padu.
· Siswa dengan
memperhatikan ejaan dan tanda baca yang sesuai.
|
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: produk
|
Instrumen: Pedoman penilaian produk.
|
· Susunlah kerangka
karangan dan kemudian mengem-bangkan
kerangka karangan menjadi karangan yang padu!
|
2 x 35 menit
|
Bina Bahasa Indonesia 4b, surat kabar, majalah.
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
|
8.2 Menulis pengumu-man dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggu-
naan ejaan
|
Ejaan dan tanda baca
|
· Membaca naskah
pengu-muman acak
· Menyusun naskah
pengu-muman acak menjadi peng-umuman padu disertai penggu-naan ejaan dan
tanda baca yang sesuai
· Menulis naskah
pengumuman sendiri
|
· Siswa mengiden-tifikasi
cara menulis pengumuman.
· Siswa membaca naskah
pengumuman yang tersusun acak.
· Siswa menyusun naskah
pengumuman yang tersusun acak menjadi pengumuman yang padu disertai
penggunaan ejaan dan tanda baca yang sesuai.
· Siswa menulis naskah
pengumu-man sendiri dengan bahasa yang baik dan memperhatikan penggunaan
ejaan yang sesuai.
|
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: produk
|
Instrumen: daftar tugas dan lembar penilaian produk.
|
· Susunlah naskah pengumuman
yang tersusun acak menjadi pengumuman yang padu disertai penggunaan ejaan dan
tanda baca yang sesuai !
· Tulis lah naskah
pengumu-man sendiri dengan bahasa yang baik dan memperha-tikan peng-gunaan
ejaan yang sesuai !
|
2 x 35 menit
|
* Buku Bina
Bahasa Indonesia 4b
*Surat kabar
* Majalah
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||
|
8.3 Membuat pantun anak yang
menarik tentang berbagai tema (persahabatan, keteku-nan, kepatuhan, dll.)
sesuai dengan ciri-ciri pantun
|
Pantun anak
|
· Menyusun pantun anak
· Menyempurna-kan pantun
· Membuat pantun sendiri
tentang ketekunan
|
· Siswa menyusun pantun
acak menjadi pantun yang padu.
· Siswa menyem-purnakan
pantun.
· Siswa membuat pantun
sendiri dengan tema ketekunan.
|
Teknik non tes: perbuatan
Bentuk: produk
|
Instrumen: lembar penlaian produk
|
· Susunlah pantun acak
menjadi pantun yang padu!
· Buatlah pantun sendiri
dengan
tema ketekunan
|
2 x 35 menit
|
Bina Bahasa Indonesia 4b
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
Mengetahui, Cimanggis, Januari 2014
Kepala Sekolah Palsigunung Guru Kelas IV A
Hj. Eutik Suartika, S.Pd Fenni Maulida
NIP. 196207271982042013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar